Unduh - Lirik - Sang Saka by Patriot

Rabu, 20 April 2011

Demo dan Promosi

MEMBUAT DEMO
Buatlah "Demo Band" kalian dapat didengarkan dan dinikmati. Demo yang berupa "Single" atau "Mini Album", haruslah mantap. Hal ini dikarenakan, lagu-lagu kalian akan menjadi "Kesan Pertama" bagi khalayak ramai dan media. Sebelum membuat demo track, buatlah demo 'live' terlebih dahulu. Demo live biasanya merekam lagu kalian selagi latihan. Setelah itu, dengarkan bersama-sama dan cari kekurangannya. Dengan demikian, kalian dapat lebih berkonsetrasi dalam penyempurnaan aransemen dan sound lagu tersebut. Setelah siap untuk membuat demo track di studio, carilah studio yang punya SDM yang bagus untuk perihal recording, mixing sampai mastering.
PROMOSI, LINK & MOVEMENT
Selain Demo, Promosi paling sederhana adalah pembuatan stiker atau t-shirt bertuliskan nama Band kalian. Materi-materi promosi tersebut merupakan salah satu cara membuat "Nama Band" kalian dikenal orang. Paling tidak, orang diharapkan pernah membaca nama tersebut. Bayangkan kalian pakai kaos tersebut, lalu jalan di mall. Selanjutnya, kalian dapat pula membuat yang lebih advance, seperti; poster, iklan, sampai video klip.

Disisi lain, jangan ragu untuk lebih dekat lagi dengan orang-orang media, seperti sesekali mendatangi music director (MD) radio-radio yang sekiranya kompeten untuk mengomentari musik kalian, jurnalis media cetak dlsb. Jangan segan untuk bergabung dengan berbagai komunitas, karena disitu gudang-nya acara-acara musik. Aktif di milis-milis musik dlsb. Dengan begitu, kalian akan lebih banyak "Link" untuk melakukan promosi ke berbagai pihak.

Untuk "Movement" awal kamu dapat membuat account di MySpace.com, SixtheenHole.com, dan fasilitas gratis lainnya di internet. Sedangkan untuk media radio, kemaslah demo kamu semenarik mungkin. Buatlah media merasa dihargai dengan membuat kemasan demo dan profile band yang menarik. Kalian bisa mengemasnya dengan CD interaktif, casing yang menarik (tidak layak buang), profile yang menggugah beserta foto band dengan kualitas bagus sesuai dan image.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar